Total Tayangan Laman

Rabu, 07 September 2011

SIKAP ORANG KRISTEN YANG BENAR

1. Berdoa…….

2. Syalom,

3. Pendahuluan / Perkenalan,

4. Baca Firman Tuhan yang terambil dari

TITUS 3 : 2

Thema dari firman TUHAN ini adalah :

SIKAP ORANG KRISTEN YANG BENAR

5. Sekarang ini kita berada pada masa antara yaitu antara masa kenaikan TUHAN YESUS KRISTUS kesorga dengan masa penantian kedatanganNYA yang kedua kali. Namun kita bukannya menanti dengan diam atau pasif saja, tetapi penantian kita adalah penantian yang aktif yaitu sambil menanti kita juga berkerja. TUHAN telah member tanggung jawab kepada kita untuk melakukan tugas didalam dunia ini.

6. Selain TUHAN ada disorga, kita yang ada didunia ini harus melakukan tugas-tugas yang sudah dipercayakan kepada kita yaitu untuk memilih, mengelola dan mengembangkan seluruh ciptaanNYA demi kemulianNYA.

Kita dipanggil untuk menyaksikan perbuatan-perbuatan tangan ALLAH yang besar melalui pekerjaan-pekerjaan masing-masing agar seluruh dunia melihat kebesaran ALLAH dan semakin mengabdi kepada NYA.

7. Jika kita menyebutkan bagaimana seharusnya sikap orang-orang Kristen ditengah-tengah masyarakat. Kita dipanggil untuk menunjukkan sikap ramah, lemah lembut dan mencintai semua orang juga termasuk orang –orang yang membenci kita . Sungguh suatu tugas yang maha berat dan sulit untuk dilakukan .

Disamping itu ditengah saudara-saudara kita yang lain, orang-orang Kristen dinasehati supaya jangan memfitnah , jangan bertengkar, jangan bersikap keras dan jangan sombong. Tetapi hendaklah kita bersikap ramah dan lemah lembut terhadap saudara-saudara kita yang lain. Dengan demikian setiap orang Kristen harus selalu menjaga perkataan, sikap dan tingkah lakunya.

8. TUHAN YESUS mengingatkan kita melalui Matius 13 : 16 bahwa berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar . Begitu juga dalam yakobus 3 : 9 -10 mengingatkan kita supaya senantiasa menjaga lidahnya agar setiap perkataan yang keluar dari mulut kita tidak membawa kebinasaan

9. timbulnya pertanyaan pada kita, mengapa anggota tubuh kita harus dipakai secara baik. Sebab fitnah, pertengkaran dan kesombongan berasal dari mata, telinga dan mulut

10. Coba kita perhatikan dalam kehidupan kita sehari-hari.

11. baca firman TUHAN Lukas 11 : 34 mengenai mata

“ Matamu adalah pelita tubuhmu, jika matamu baik , teranglah seluruh tubuhmu , tetapi jika matamu jahat, gelaplah tubuhmu”

Kita melihat melalui mata kita, apa saja yang terjangkau sudut pandang mata kita dapat kita lihat, tetapi kita sering melihat seseorang dengan pikiran atau hati yang menafsir-nafsir. Kita tidak melihat dengan kacamata yang polos tanpa prasangka

Sering kali kita menafsir-nafsir cenderung pada watak kita masing-masing. Umpamanya rasa benci, rasa curiga, rasa simpati dan rasa-rasa lain. Hal ini disebabkan dipengaruhi jiwa kita pada saat kita melihat.

Kadang-kadang hanya persoalan mata atau adu pandang dapat menjadi pertengkaran. Kadang-kadang melihat melihat sikap seseorang yang sama rambut tapi tafsiran berbeda. Umpamanya hari ini kita melihat si A mempesona,namun besok kita melihat si A sangat menjengkelkan. Hal ini membuktikan bahwa mata dapat menimbulkan kesan yang berbeda atas sesuatu yang sama.

12. Baca firman tuhan Matius 13 : 16 , mengenai Telinga

“Tetapi berbahagialah matamu karena melihat dan telingamu karena mendengar”

Kita mendengar melalui telinga, nampaknya bagian anggota tubuh ini tidak berbahaya, namun jika kita kurang berhati-hati memakainya juga dapat menimbulkan pertengkaran.
Kita tahu bahwa dengan telinga kita dapat mendengar apa saja, tetapi sering kita mendengar semua suara apa adanya. Kita tidak menyaring dan menafsirkan secara bijaksana apa yang telah kita dengar, sehingga dapat menimbulkan pertengkaran. Kita harus tahu bahwa dalam mendengar suara, kita harus tahu bahwa dalam mendengar suara yang masuk harus kita timbang, kita nilai dan mengerti apa makna dari suara itu. Sehingga timbul satu tafsiran yang benar

13. Baca firman TUHAn Yakobus 3 : 9 -10 mengenai lidah

“ Janganlah mereka memfitnah, janganlah mereka bertengkar, hendaklah mereka selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang”.

Firman TUHAN ini mengingatkan kita supaya berhati-hati menggunakan lidah, memfitnah adalah dosa yang disebabkan oleh lidah. Perkataan walaupun hanya diucapkan satu kata saja dapat menimbulkan perpecahan dan kemarahan. Kadang kata mempunyai daya gerak yang luar biasa, sehingga bisa membuat seseroang ketakutan, tersinggung, tersanjung, dan lain-lain.

Kata-kata yang menyebabkan fitnah nama baik, akibat dari fitnahan sangat mengerikan bisa menimbulkan pembunuhan, masuk penjara, dipecat dari pekerjaan, kebencian dan akibat-akibat negative lainnya. Sehingga ada istilah yang popular berbunyi “ “ FItnah lebih kejam dari pembunuhan” oleh karena itu, setiap ucapan yang keluar dari mulut kita hendaklah tidak mendatangkan bencana atau merugikan orang lain.

Ucapan-ucapan yang kita sampaikan kepada sesama kita hendaklah ucapan yang menjadikan berkat bagi orang lain.

14. Selanjutnya Titus 3 : 2 menjelaskan bagaimana sikap kita sebagai pengikut KRISTUS. Maka sebagai pengikut KRISTUS kita harus selalu mengikut teladan kehidupan TUHAN kita YESUS KRISTUS dimana kita dilarang untuk memfitnah dan dilarang bertengkar. Kita harus selalu ramah dan bersikap lemah lembut terhadap semua orang.

15. Walaupun mata, telinga dan lidah dapat menimbulkan bencana bagi orang lain, namun sebagai orang Kristen kita dianjurkan jangan mengurung diri, kita harus bergaul kepada semua orang termasuk bukan seiman. Karena dengan bergaul kepada semua orang kita dapat bersaksi melalui perkataaan dan perbuatan yang benar seperti yang difirmankan ALLAH,

16. Menjadi saksi YESUS KRISTUS memang tidaklah mudah, namun inilah yang menjadi tugas orang yang dipercaya. Oleh karenanya hendaklah kita mampu melatih diri, sehingga seluruh kehidupan kita dapat menjadi contoh yang baik dan mampu menyampaikan terang kasih KRISTUS kemana dan dimanapun kita berada. Karena dengan demikian TUHAN kita YESUS KRISTUS di muliakan.

17. Amin

18. Berdoa…………


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar